Jumat, 06 April 2018

Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Berita Ekonomi Asia -- Awal tahun ini saya menghabiskan enam minggu di Jakarta, Indonesia magang di Yayasan Biodiversitas Indonesia (juga dikenal sebagai KEHATI).Awalnya, saya merasa sangat pesimis bekerja di LSM.Saya juga tidak berbicara bahasa dan karena itu memiliki harapan minimal tentang waktu saya di sana.Meskipun saya sangat bersemangat tentang apa yang saya pelajari dalam gelar Manajemen Lingkungan & Keberlanjutan, sifat politik Australia dan AS saat ini, serta peraturan, kepentingan pemangku kepentingan yang saling bertentangan, dan ketidaktahuan umum di kalangan masyarakat membuat saya merasa ragu tentang pelestarian lingkungan.

Berita Ekonomi Asia -- .Pindah ke Jakarta juga akan datang dengan serangkaian tantangan baru ..Saya sangat sadar akan jumlah limbah dan polusi yang melanda kota.Jakarta, terletak di pulau Jawa di Indonesia tengah, memiliki populasi 10 juta orang, dengan hampir 4 juta orang bepergian masuk dan keluar kota setiap hari.Hal ini terkenal karena kemacetan lalu lintas yang parah, polusi, bukan untuk mmasuk air keran yang tidak aman.

Berita Ekonomi Asia -- Sebagai negara dalam pergolakan pembangunan ekonomi, saya sangat tertarik pada bagaimana ini akan mempengaruhi konservasi keanekaragaman hayati.Hanya butuh seminggu di Jakarta untuk skeptisisme saya untuk cepat menghilang.Ya, polusi dan lalu lintas sama buruknya seperti yang saya duga, udara lembap dan lengket, dan saya dihadapkan dengan realitas yang berbeda.Namun makanannya murah dan lezat, orang-orang di organisasi saya berdedikasi, berkemauan keras, dan bergairah, dan tantangan yang ada di depan membuat saya bersemangat.

Berita Ekonomi Asia -- Sedikit tentang organisasi saya… Menyusul KTT Bumi Rio dan Konvensi Keanekaragaman Hayati, sebuah nota kesepahaman ditandatangani oleh pemerintah AS dan Indonesia untuk meningkatkan upaya konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia.Akibatnya, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (yang paling dikenal dengan akronim bahasa Indonesia, KEHATI) didirikan pada Januari 1994 sebagai institut independen, bukan-untuk-laba, mandirin didedikasikan untuk mendanai kegiatan konservasi keanekaragaman hayati.Melalui dana abadi yang diinvestasikan dalam saham dan obligasi, laba atas investasi dapat didistribusikan di seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan konservasi.Sedikit tentang peran saya ...

Berita Ekonomi Asia -- Magang itu sendiri sangat mandiri, yang terkadang cukup membuat frustasi.Namun saya juga mampu meneliti apa yang saya inginkan.Salah satu program yang dikelola oleh KEHATI adalah sebuah organisasi bernama Tropical Forest Conservation Action di Sumatra.Didirikan pada tahun 2009, program ini dibentuk berdasarkan perjanjian pertukaran utang-untuk-alam antara pemerintah Indonesia, Amerika Serikat, dan Conservation International.

Berita Ekonomi Asia -- Swap debt-for-nature melibatkan restrukturisasi utang luar biasa negara berkembang dengan organisasi kreditur atau pemerintah, sebagai pertukaran untuk kegiatan konservasi di negara debitur.Undang-Undang Konservasi Hutan Tropis 1998 (AS) disahkan secara khusus untuk perjanjian dengan Amerika Serikat di negara-negara denganh hutan tropis.Saat ini, Indonesia memiliki dua perjanjian serupa di pulau Sumatera dan Kalimantan.Keingintahuan saya tentang debt-for-nature swaps mencapai puncaknya.

Berita Ekonomi Asia -- Ini terdengar hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.Jika suatu negara berkembang dapat memiliki hutang yang direstrukturisasi, beban ekonomi dari hutang tidak hanya akan memungkinkan untuk peningkatan pendanaan terhadap konservasi, tetapi juga untuk pembangunan ekonomi dalam masyarakat lokal.Deforestasi dan degradasi hutan secara historis telah menjadi perhatian nasional bagi Indonesia, serta di seluruh dunia.Dalam 30 tahun terakhir, Sumatera telah kehilangan ukuran yang cukup besar dari tutupan hutan primernya melalui konversi lahan menjadi perkebunan karet dan kelapa sawit, pembangunan infrastruktur, pertanian, serta industri kayu.

Berita Ekonomi Asia -- Kemiskinan telah memperburuk keretakan yang ada antara masyarakat lokal dan hutan: eksploitasi sumber daya alam, perburuan ilegal dan penebangan liar tidak jarang terjadi.Tujuan utama saya adalah untuk menyelidiki korelasi antara bantuan asing, ckegiatan pengintaian dan pembangunan ekonomi di bawah konteks pertukaran utang-untuk-alam di Sumatera.Kalau dipikir-pikir, tugas ini mungkin terlalu ambisius untuk kerangka waktu yang telah saya alokasikan sendiri.Namun, antara membaca proposal proyek dan meneliti pertukaran utang-untuk-alam, saya dapat mengumpulkan informasi tentang kegiatan konservasi yang sedang dilaksanakan.

Berita Ekonomi Asia -- Beberapa kegiatan ini termasuk memberdayakan masyarakat lokal melalui keuangan mikro dengan mengelola hutan di sekitarnya secara berkelanjutan, membangun dan melindungi koridor hutan untuk satwa liar yang mendiami, dan menyiapkan kamera hutan untuk memantau populasi harimau.Sedikit tentang masa depan saya ...Meskipun saya tidak dapat memperoleh umpan balik yang secara khusus saya inginkan untuk proyek saya, enam minggu di Jakarta memberi saya perspektif yang tak ternilai tentang masa depan saya.Untuk pertama kalinya, saya mempertimbangkan untuk mengejar pendidikan lanjutan dalam bentuk PhD.

Berita Ekonomi Asia -- Saya juga memiliki ambisi untuk akhirnya bekerja untuk organisasi seperti KEHATI.Yang paling penting,Saya merasa jauh lebih optimis tentang keadaan dunia, terutama melihat langsung dedikasi untuk pelestarian keanekaragaman hayati di negara berkembang; sementara Indonesia masih memiliki jalan panjang, dorongan dan energi yang didedikasikan untuk keberlanjutan adalah positif dan pantang menyerah.Sophia Master tentang Manajemen Lingkungan dan Siswa Keberlanjutan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menimbang Risiko Inflasi, Resesi, dan Stagflasi dalam Perekonomian A.S.

  Prospek ekonomi makro terus mendominasi agenda eksekutif. Tahun lalu, ketika permintaan melonjak dan rantai pasokan tersendat, banyak peru...